0

Mikrokontroller

halo kawan, apa kabarnya? Sehat kan? Alhamdulillah. Sudah lama saya tidak posting, maklum lagi ga ada uang buat beli pulsa internet :P.
anyway, ga terasa ya kita sudah di penghujung tahun. waktu terasa begitu cepat berlalu, besok sudah tahun baru. mungkin masih banyak rencana kita di tahun ini yang belum terlaksana. tapi yang pasti banyak suka dukanya pada tahun ini. seperti saya, mungkin lebih banyak dukanya daripada sukanya. kenapa begitu? pertama, tahun ini nilai akhir saya turun drastis, lalu di putusin pula. malangnya... :P
tapi gpp, tahun depan kita harus lebih baik lagi dari tahun ini. yang penting tetap semangat. hehehe.

Kali ini saya mau sedikit cerita mengenai Mikrokontroller. Ini salah satu dari materi kuliah saya. Apa itu mikrokontroller?

Adalah suatu kontroler digunakan untuk mengontrol suatu proses atau aspek-aspek
dari lingkungan. Satu contoh aplikasi dari mikrokontroler adalah untuk memonitor
rumah kita. Ketika suhu naik kontroler membuka jendela dan sebaliknya.
Pada masanya, kontroler dibangun dari komponen-komponen logika secara
keseluruhan, sehingga menjadikannya besar dan berat. Setelah itu barulah
dipergunakan mikrokprosesor sehingga keseluruhan kontroler masuk kedalam PCB
yang cukup kecil. Hingga saat ini masih sering kita lihat kontroler yang dikendalikan
oleh mikroprosesor biasa (Zilog Z80, Intel 8088, Motorola 6809, dsb).
Proses pengecilan komponen terus berlangsung, semua komponen yang
diperlukan guna membangun suatu kontroler dapat dikemas dalam satu keping. Maka
lahirlah komputer keping tunggal (one chip microcomputer) atau disebut juga
mikrokontroler. Mikrokontrolere adalah suatu IC dengan kepadatan yang sangat
tinggi, dimana semua bagian yang diperlukan untuk suatu kontroler sudah dikemas
dalam satu keping, biasanya terdiri dari:
1. CPU (Central Processing Unit)
2. RAM (Random Access Memory)
3. EEPROM/EPROM/PROM/ROM
4. I/O, Serial & Parallel
5. Timer
6. Interupt Controller
Rata-rata mikrokontroler memiliki instruksi manipulasi bit, akses ke I/O
secara langsung dan mudah, dan proses interupt yang cepat dan efisien. Dengan
kata lain mikrokontroler adalah " Solusi satu Chip" yang secara drastis mengurangi
jumlah komponen dan biaya disain (harga relatif rendah).

Mungkin ini dulu yang bisa saya posting. Sekedar mengenalkan apa itu mikrokontroller. Laen waktu saya akan lebih banyak menbahas tentang ini. Semoga bermanfaat..

NB: Januari awal saya ujian akhir, doakan supaya berhasil ya.. :)

0 comments:

Post a Comment

Back to Top