0

Lega Rasanya

Alhamdulillah, tanggal 31 Juli 2012 kemarin saya sudah mengikuti ujian pendadaran tugas akhir dan dinyatakan lulus :). Senang sekali rasanya, beban terberat selama kuliah ini akhirnya sudah terlepas. Sekarang ini saya tinggal mengurus surat-surat untuk yudisium supaya bisa mengikuti wisuda November nanti.

Perjalanan pembuatan tugas akhir saya ini cukup berat. Ketika pertama kali bertemu dosen pembimbing untuk konsultasi mengenai topik tugas akhir, beliau menawarkan satu topik yang intinya nanti akan mengukur suhu yang komunikasinya secara wireless dan bisa dipantau menggunakan komputer, juga menggunakan GPS. Saya langsung berpikir, wah pake GPS, RF, bakal habis banyak nih. Tapi ternyata untuk GPS dan RF nya saya dipinjami oleh beliau, Alhamdulillah. Lalu beliau bertanya saya ingin menggunakan software apa untuk program di komputernya? Apa yang saya kuasai? Mau memakai mikrokontroller apa? Bahasa pemrograman buat mikronya mau pakai apa? Disini saya lagi-lagi bingung, saya masih belum menguasai salah satu bahasa pemrograman, hanya bisa sedikit-sedikit, itupun dasar-dasar saja. Apalagi tentang mikrokontroller dan programnya, saya sama sekali belum pernah mainan itu. Akhirya diputuskan saya memakai Visual Basic 6 untuk program dikomputer, BASCOM-AVR untuk program mikrokontrollernya dan ATMega16 untuk mikrokontrollernya.

Setelah pertemuan pertama itu, saya tidak langsung membuat tugas akhirnya, saya malah pulang dulu ke rumah, ya memang lagi waktunya liburan, jadi saya putuskan untuk pulang dulu dan mulai mengerjakannya saat pertengahan Februari. Dosen saya sangat baik, beliau benar-benar membimbing saya yang memang masih belum bisa banyak. Mulai dari program untuk komputernya, di beritahu step-stepnya dari awal harus buat apa dulu. Saya pikir ini akan lebih cepat selesai.

Tapi, ternyata ada saja halangannya. Saya agak malas mengerjakannya, progresnya berjalan lambat. Terlebih waktu itu saya ikut lomba PLC di ITB. Hampir 2 bulan saya mangkir mengerjakan tugas akhir saya. Namun, setelah melihat teman-teman yang sudah wisuda pada bulan Mei lalu, saya jadi bersemangat. Mulai dari situ saya mulai rajin datang untuk bimbingan. Ya, walau ada beberapa waktu saya masih saja malas untuk datang. Tidak terasa program untuk komputernya sudah selesai. Ternyata cepat juga ya kalo dikerjakan, tau gitu saya kerjain dari dulu-dulu, pikir saya. Terus saya mulai buat hardwarenya. Untungnya tugas akhir saya ini dikerjain bareng sama teman saya. Jadi, bisa bagi-bagi tugas untuk mengerjakan bagian-bagian masing-masing dan kemudian di integrasikan. Hardware sudah jadi, program untuk komputer sudah jadi, tinggal di uji. Ternyata proses itu hanya memakan waktu 3 bulan saja. Ah, cepat sekali. Lagi-lagi saya menyesal sudah menyepelekan.

Alatnya diuji dan berhasil berjalan sesuai yang diinginkan, Alhamdulillah. Saya lalu mulai mengerjakan laporannya. Cukup 3 sampai 4 kali revisi, saya sudah bisa mengajukan tugas akhir saya untuk diujikan. Saya daftar rabu, kamisnya sudah dapat jadualnya, selasa 31 Juli 2012. Saya disuruh latihan presentasi dulu. Nah, ini yang saya takutkan. Saya tidak bisa untuk presentasi di depan, grogi, malu. Tapi ini mau tidak mau harus dijalani.

Tiba pada hari ujiannya, mulainya molor sekitar 30 menit, saya semakin deg-degan. Ujian dimulai, saya presentasi lalu melakukan demo alat yang saya buat, lalu dilanjutkan dengan tanya jawab. Disini beberapa saya tidak bisa menjawab, karena memang diluar pengetahuan saya. Tapi, alhamdulillah, saya lulus juga. Tinggal revisi terakhir untuk daftar yudisium. 

Hari ini, rencananya saya mau daftar yudisium, berkas-berkasnya sudah lengkap. Semoga saja tidak ada halangan lagi. Selesai itu, saya bisa pulang kerumah. Ah, 2/3 bulan puasa ini saya di Jogja. Sudah rindu rumah, dengan suasana keluarga. Jumat besok rencananya saya mau mudik, Teman-teman disana sudah menanyakan kapan saya pulang, sudah buat janji untuk buka puasa bersama.

Alhamdulillah, sudah lega rasanya kalau sudah ujian pendadaran. Tinggal menunggu waktu untuk wisuda dan cari-cari lowongan kerja. Karena hidup yang sebenarnya baru akan dimulai. Salam :)

0 comments:

Post a Comment

Back to Top